Hal-Hal Penting dari Contoh Kwitansi Pembayaran

Hal-Hal Penting dari Contoh Kwitansi Pembayaran

Meskipun sekarang ini sudah banyak contoh kwitansi pembayaran yang tersebar dimana-mana, namun ternyata tidak semua orang memahami tentang hal-hal penting dari kwitansi pembayaran yang benar terlebih dahulu. Maka dari itulah, kali ini akan kami berikan sedikit informasi tentang beberapa hal penting dari kwitansi pembayaran tersebut. Kwitansi itu sendiri merupakan sebuah tanda bukti pembayaran yang berisi tanda tangan dari sang penerima uang kepada yang telah membayarakan uang itu. Supaya legalitasnya makin kuat, biasanya penandatangan kwitansi itu dilengkapi pula dengan materai yang dipakai sesuai kebutuhan.

Hal-Hal Penting dari Contoh Kwitansi Pembayaran

Ada banyak sekali https://www.ruangguru.co.id/ pilihan yang bisa digunakan untuk proses transaksi pembayaran. Dimana kwitansi ini sering kali dipakai untuk perusahaan dalam melakukan sebuah kegiatan transaksi. Beberapa perusahaan ada yang masih memakai buku kwitansi yang sudah instan yang didapatkan dari toko alat tulis. Di era saat ini tak sedikit juga beberapa perusahaan mulai berlomba-lomba untuk mendesain sebuah kwitansi yang memiliki ukuran dan bentuk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Bahkan, saat ini ada banyak kwitansi pembayaran yang dilengkapi pula dengan logo perusahaan. Sehingga, hal ini membuat legalitas kwitansi menjadi lebih terjamin. Namun meskipun begitu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dalam pembuatannya. Misalnya saja, seperti di bawah ini:

  1. Nomor kwitansi. Nomor ini penting sekali untuk membedakan di antara kwitansi yang satu dengan kwitansi yang lainnya. Anda bisa membuat kwitansi ini yang dilengkapi pula dengan urutan menggunakan angka atau huruf. Jadi, format penulisannya angkanya nanti harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
  2. Nama lengkap orang atau instansi yang akan memberi uang.
  3. Besaran atau jumlah uang yang diberikan.
  4. Tempat dan tanggal terjadinya proses transaksi.
  5. Tujuan pembayarannya, untuk mengetahui untuk apakah pembayaran itu dilakukan.
  6. Nama lengkap yang menerima uang, beserta tanda tangannya.
  7. Cap atau stempel dinas dari perusahaan yang menerima transaksi pembayarannya.
  8. Bila memakai materai, maka tanda tangan yang diberikan harus mengenai bagian materai yang telah ditempelkan.